Posted by: teguhtw | October 19, 2013

BAHAN AJAR MATEMATIKA Kelas IV Semester 2

OPERASI HITUNG CAMPURANg

Kamu sudah mengenal operasi-operasi hitung bilangan yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Tahukah kamu bahwa operasi-operasi hitung tersebut mempunyai tingkatan dalam urutan pengerjaannya. Mari kita selesaikan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan berikut ini.

1. 300 + 25 – 60  = (300 + 25) – 60

= 325 – 60

= 265

2. 225 -5 + 32    = (225 – 5) + 32

= 220 + 32

= 252

Selanjutnya, mari kita selesaikan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian berikut ini.

1. 5 x 12 : 3        = (5 x 12) : 3

= 60 : 3

= 20

2. 14 : 2 x 3        = (14 : 2) x 3

= 7 x 3

= 21

Operasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga operasi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan.

1. 187 + 39 : 3          = 187 + (39 : 3)

= 187 + 13

= 200

2. 196 – 5 × 25          = 196 – (5 × 25)

= 196 – 125

= 71

Jika dalam operasi hitung campuran terdapat tanda kurung, maka operasi hitung yang di dalamnya dikerjakan paling awal.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dalam operasi hitung campuran ada beberapa kaidah pengerjaan hitung campuran pada bilangan bulat, yaitu sebagai berikut.

a. Semua operasi hitung yang terdapat dalam tanda kurung, dikerjakan lebih dulu.

b. Operasi perkalian dan pembagian lebih kuat daripada operasi penjumlahan dan pengurangan.

c. Operasi perkalian dan operasi pembagian sama kuat.

d. Operasi penjumlahan dan operasi pengurangan sama kuat.

Lembar Kerja Siswa

Judul                 : Mengisi kolom yang kosong dengan menempel angka-angka

Tujuan             : Kegiatan ini dirancang guru agar siswa memahami lebih jelas tentang operasi hitung campuran.

Alat dan Bahan : Buku siswa

Petunjuk          : Isilah kolom-kolom yang kosong di bawah ini bersama teman satu kelompokmu dengan menempel angka-angka yang sudah disediakan!

e

KUNCI JAWABAN LKS

Judul                : Mengisi kolom yang kosong dengan menempel angka-angka

Tujuan             : Kegiatan ini dirancang guru agar siswa memahami lebih jelas tentang operasi hitung campuran.

Alat dan Bahan : Buku siswa

Petunjuk          : Isilah kolom-kolom yang kosong di bawah ini bersama  teman satu kelompokmu dengan menempel angka-angka yang  sudah disediakan!

c

EVALUASI MATERI

Kerjakanlah soal-soal di bawah ini!

1. 25 – 13 + 123 = . . . .

2. 794 + 521 – 1.250 = . . . .

3. 368 + 992 – 725 = . . . .

4. 1.250 – 350 + 250 = . . . .

5. 789 – 654 + 123 = . . . .

6. 32 : 6 × 15 = . . . .

7. 4 × 625 : 25 = . . . .

8. 1.000 × 250 : 500 = . . . .

9. 625 : 125 × 250 = . . . .

10. 2.100 : 350 × 1.000 = . . . .

 

*** Selamat Mengerjakan ***

f

KUNCI JAWABAN EVALUASI MATERI

Kerjakanlah soal-soal di bawah ini!

1. 25 – 13 + 123 = 135

2. 794 + 521 – 1.250 = 65

3. 368 + 992 – 725 = 635

4. 1.250 – 350 + 250 = 1150

5. 789 – 654 + 123 = 258

6. 32 : 6 × 15 = 80

7. 4 × 625 : 25 = 100

8. 1.000 × 250 : 500 = 500

9. 625 : 125 × 250 = 1250

10. 2.100 : 350 × 1.000 = 6000


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: